top of page
Search
  • stellia forge

Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dan Harus Di Cegah

Nama virus komputer ini tentu sangat menyebalkan dan juga berbahaya. Tidak ada yang mau komputer atau laptop terserang virus. Karena dapat menyebabkan banyak kerugian, banyak orang melakukan pencegahan dengan memasang anti virus. Di seluruh dunia komputer, ada 10 virus yang dikenal sangat menyusahkan dan juga menyusahkan. Mari kita simak bersama, inilah 10 virus komputer paling terkenal dalam sejarah.





Cacing Morris


Memiliki nama panjang Robert Tappan Morris, dirinya adalah pakar komputer dan pengusaha dari Amerika Serikat. Ia menjadi pria yang terkenal di dunia berkat virus yang ia buat. Virus ini dinamai sesuai dengan namanya, yaitu The Morris Worm. Virus ini mulai menyerang sejumlah komputer pada tahun 1988.


Munculnya The Morris Worm pada tahun 1988 diakui sebagai worm pertama di dunia internet. Cacing yang dibuat oleh Morris menginfeksi sebanyak 10% dari komputer di dunia yang terhubung melalui internet. Komputer yang diserang oleh Morris Worm akan segera menurunkan kinerjanya. Sekarang Morris bekerja sebagai profesor di MIT (Massachusetts Institute of Technology).





Konsep Virus


Dalam penyebaran, virus dapat menggunakan semua jenis perangkat dari USB, disket, jaringan internet, dan CD-ROM. Virus ini dicatat sebagai virus pertama yang menyerang dokumen kata yang disebut Virus Konsep. Virus Konsep menyebar secara tidak sengaja melalui CD-ROM yang dijual oleh Microsoft pada tahun 1995.


Virus Konsep menyerang semua file dokumen kata. Tidak butuh waktu lama, virus ini menyebar ke sejumlah negara di dunia. Konsep Virus menyerang makro templat di Microsoft Word.





Stuxnet



Banyak orang percaya bahwa virus yang satu ini diciptakan oleh Angkatan Pertahanan Israel bersama dengan pemerintah Amerika Serikat. Amerika Serikat dan Israel dilaporkan sengaja membuat virus ini untuk berperang di dunia waya atau dikenal sebagai cyberware. Tujuannya adalah untuk mengganggu peluncuran nuklir negara Iran.


Virus buatan Amerika dan Israel akhirnya berhasil menyerang PLC (Programmable Logic Controllers) yang memungkinkan menjalankan proses secara otomatis pada mesin. Menyebar melalui USB, virus ini akan menyerang semua komputer yang memiliki program Siemens. Setelah virus masuk, virus ini akan memengaruhi kecepatan kerja mesin.





Storm Worm


Virus Storm Worm juga dikenal sebagai Peacomm dan Nuwar. Pada 19 Januari 2007, 200 juta email berisi tautan untuk mengunduh Storm Worm. Namun untuk dapat menyebar, korban perlu mengklik tautan. Jika dikatakan virus, jelas orang tidak akan mengkliknya. Itu sebabnya judul dibuat yang membuat orang tergoda untuk mengkliknya, "Sebanyak 230 orang di Eropa meninggal akibat serangan badai".


Ketika korban mengklik tautan. virus akan otomatis bekerja segera. Storm Worm memungkinkan peretas untuk mengontrol komputer korban dari jarak jauh. Setelah itu, peretas akan menggunakannya untuk mengirim email sampah / spam ke orang lain. Ini juga dapat digunakan untuk menyebarkan tautan video atau berita palsu.





Sasser dan Netsky-AC


Sasser dan Netsky-AC adalah dua jenis virus cacing yang sengaja dibuat oleh seorang remaja Jerman bernama Sven Jaschan. Jaschan kemudian dinyatakan bersalah karena menciptakan 2 cacing dan dijatuhi hukuman penjara. Jaschan akhirnya gratis dan dipekerjakan oleh perusahaan keamanan sebagai peretas etis.


Netsky dan Sasser menyebar melalui email dan jaringan Windows, meningkatkan lalu lintas internet dan menyebabkan serangan Denial of Service / DoS. Virus Netsky dan Sasser dan variannya diyakini bertanggung jawab atas 25% dari semua virus komputer di internet. Ketika virus ini menyerang komputer, virus ini akan membuat pengguna tidak dapat mematikan komputernya.





SQL Slammer


Dirilis pada Januari 2003, virus ini bertanggung jawab atas gangguan jaringan dan sistem komputer di dunia. Menyebabkan kerugian hingga 1 milyar USD. SQL Slammer juga dikenal sebagai The Slammer and Sapphire. Adalah virus terkenal yang menyerang server web. Jaringan internet dunia sempat mengalami masalah akibat SQL Slammer.


Penyebarannya sangat cepat, virus ini dapat mengganggu jaringan pribadi dan publik. Jelas ini mengganggu masa depan dunia internet jika dibiarkan. SQL Slammer mengirimkan sejumlah besar paket data, menyebabkan server hampir mati. Bank of America dan sistem darurat 911 di Washington adalah korban dari SQL Slammer.



10 views0 comments
bottom of page