top of page
Search
  • stellia forge

Tips Dan Trik Agar Baterai Handphone Kamu Bertahan Lama Hingga Seharian Penuh

Tidak ada masyarakat saat ini yang tidak menggunakan smartphone. Bahkan anak kecil sekarang ahli dalam menggunakan teknologi ini. Sering digunakan, baterai ponsel pintar pasti akan habis dengan sangat cepat. Ini benar-benar berbeda ketika Anda pertama kali membelinya di mana baterai smarpthone dapat bertahan cukup lama. Bagaimana Anda membuat baterai smarpthone bertahan lebih lama?




Matikan Mode Getar


Semua ponsel cerdas harus memiliki mode getar atau mode getar. Mode getar adalah yang membantu kita ketika ada panggilan masuk tetapi suaranya tidak terdengar. Dengan mode getar, meski berada di tengah keramaian, kita masih bisa merasakan getaran bahwa ada panggilan masuk.


Mode getar ini memang sangat berguna sebagai tanda panggilan masuk, tetapi jika Anda ingin baterai ponsel pintar bertahan lebih lama, lebih baik jika mode ini dimatikan jika tidak diperlukan. Di balik penggunaannya, mode getar ini menyerap daya yang cukup dari baterai.




Matikan aplikasi yang tidak digunakan


Anda harus sering meninggalkan aplikasi yang Anda buka agar tetap berjalan. Ambil contoh hanya aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Path. Dengan tidak sepenuhnya menutup aplikasi, smartphone akan terus memberikan pemberitahuan ketika ada pesan atau sebutan baru.


Itu tidak menutup aplikasi setelah digunakan sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan pesan baru dari teman atau keluarga, tetapi membiarkan aplikasi tetap berjalan seperti itu dapat menguras baterai smartphone. Anda perlu menyadari bahwa ponsel cerdas Anda tidak hanya menjalankan aplikasi seperti Facebook dan teman-temannya. Ada sistem yang berjalan meskipun Anda tidak tahu. Jadi cobalah matikan aplikasi yang telah digunakan untuk menghemat daya baterai.




Perhatikan Sinyal



Pernahkah Anda merasa bahwa baterai ponsel cerdas Anda cepat habis ketika Anda berada di tempat parkir atau ruang tertutup lainnya? Itu karena baterai bekerja ekstra keras untuk menemukan sinyal yang stabil. Ini berbeda jika Anda berada di ruang terbuka di mana sinyal dapat dengan mudah ditangkap oleh smartphone.


Jika Anda ingin baterai ponsel pintar tahan lama, jangan tinggal terlalu lama di ruangan tertutup. Bahkan jika Anda harus, matikan saja sinyal ponsel cerdas untuk menghemat baterai. Atau Anda juga dapat mengurangi koneksi Anda dari 3G ke 2G sehingga baterai tidak cepat habis.




Pembaruan Aplikasi


Menggunakan banyak aplikasi pada telepon pintar harus disiapkan dengan pembaruan juga. Anda harus sering kesal karena pembaruan memiliki ukuran besar atau Anda tidak menggunakan wifi sehingga Anda tidak dapat memperbarui aplikasi.


Anda mungkin merasa kesal, tetapi ternyata aplikasi yang diperbarui dapat membantu mengurangi penggunaan baterai ponsel cerdas. Mungkin versi aplikasi sebelumnya menyedot banyak daya baterai atau bug yang menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, jangan langsung menjadi emosional jika ada pembaruan aplikasi atau bahkan pembaruan sistem terbaru.









Hapus Widget


Keberadaan widget diciptakan untuk membantu kami melihat informasi terbaru. Biasanya orang akan memasang ramalan cuaca, jam, pertukaran uang, alarm atau bahkan widget berita terbaru. Terlalu banyak widget yang dipasang alih-alih membantu sebenarnya bisa menyusahkan.


Agar baterai tidak cepat habis, lebih baik jangan menggunakan widget secara berlebihan. Widget berlebihan yang memenuhi layar dapat menghabiskan daya baterai. Gunakan widget yang sangat dibutuhkan.




Nyalakan Mode Penghematan Baterai (Power Safer)


Jangan pernah malas menggunakan mode hemat betarai atau power lebih aman. Mode ini sebenarnya dapat menghemat daya baterai ponsel cerdas. Anda tidak mau, kan ketika Anda sibuk menggunakan smartphone, eh, malah, itu tiba-tiba mati?


Saat baterai hampir mati, segera aktifkan mode hemat baterai. Semua smartphone sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur bagus ini, baik itu Android atau iPhone. Ketika mode hemat baterai dihidupkan, smartphone akan secara otomatis mematikan sejumlah sistem yang tidak berguna yang menghabiskan banyak energi.




23 views1 comment
bottom of page